Saturday, December 30, 2017

PEMILIHAN WARNA UNTUK RUANGAN DENGAN PENDEKATAN ILMU PSIKOLOGI




Dalam dunia psikologi, terdapat ilmu Color Psychology, yaitu studi yang khusus mempelajari warna sebagai penentu perilaku manusia. Bahkan warna juga digunakan sebagai salah satu bentuk meditasi. Seiring berjalannya waktu, kini warna menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia yang dapat memberikan nuansa positif. Serta pemilihan warna untuk ruangan sangatlah penting untuk dapat memberikan energi positif untuk kita.

Berikut tiga rekomendasi warna ruangan yang dapat digunakan untuk menampilkan nuansa tertentu :


1. Warna untuk menampilkan nuansa semangat
     Bagi anda yang sebagian besar aktivitas sehari-harinya lebih banyak dilakukan di dalam ruangan, maka diperlukan warna yang dapat manampilkan   nuansa yang bisa menambah anda bersemangat dan beraktivitas dengan baik. Warna yang dapat digunakan untuk suasana tersebut adalah Merah, Oranye,   dan Magenta. Paduan warna ini akan memberikan energi yang penuh semangat dan dinamis.

2. Warna untuk nuansa Relaksasi
     Setelah lama beraktivitas, seseorang membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi supaya bisa melanjutkan aktivitas kembali. Warna yang dapat digunakan untuk nuansa relaksasi tersebut yaitu Biru, Hijau, Krem, dan Coklat. Paduan warna yang terinspirasi dari alam tersebut dapat menghadirkan rasa hangat, sejuk dan damai.

3. Warna untuk nuansa menyenangkan
     Ada saatnya seseorang memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang dapat memberikan kebahagian dan kepuasan dalam dirinya. Untuk mendukung aktivitas ini warna yang dapat digunakan adalah Kuning, Oranye, Pink,  dan Ungu. Paduan dari warna tersebut dapat merangsang otak agar merasa lebuh ceria.


No comments:

Post a Comment