Thursday, December 21, 2017

TAUKAH KAMU BAU DURIAN ITU BERASAL???




Pasti jawaban anda adalah  buah durian. Tapi ternyata para ilmuwan di Singapura baru-baru ini berhasil memetakan genom bau durian itu berasal. Mereka mengidentifikasi gen-gen yang bertanggung jawab pada senyawa bau yang disebut senyawa sulfur volatil (VSC) dan mendapati gen-gen ini menjadi sangat aktif pada buah durian yang sudah matang sehingga menimbulkan bau yang tidak biasa.

"Bagi yang tidak biasa, aroma durian seperti kombinasi antara campuran bawang buah-buah manis, serta asam pada bumbu sup. Bahkan juga dideskripsikan seperti bau telur busuk," Kata ahli genetika Bin Tean Teh yang memimpin penelitian tersebut

Para peneliti mengatakan bau ini mungkin penting bagi durian di alam untuk menarik binatang memakannya dan menyebarkan bijinya.

Tidak seperti spesies tumbuhan lain yang biasanya memiliki satu atau dua kopi gen-gen tersebut, spesies ini punya empat kopi, menunjukan bahwa produksi VSC sangat tinggi pada buah durian. Para ilmuan mendapat sample dari durian jenis musang king dan mendapati buah tersebut memiliki sekitar 46.000 gen, hampir dua kali lipat dari jumlahnya jika dibanding,an dengan genom manusia. (Antara/National Geographic)

No comments:

Post a Comment